Formula Untuk Mensiasati Harga Pakan Lele


Distributor PT Natural Nusantara - Semakain hari semakin bertambah naik, harga pakan lele di pasaran terus melambung. Kondisi tersebut mengakibatkan peternak ikan lele di sentra budidaya ikan lele di wilayah Kecamatan Banguntapan, Pleret dan wilayah sekitarnya di kabupaten Bantul Yogyakarta kesulitan memenuhi kebutuhan pakan ikannya.

"Dari 30 pembudidaya Ikan Lele, yang ada tersisa delapan pembudidaya yang beroperasi mulai dari pembibitan ikan lele sampai penjualan ikan lele ke para tengkulak dan pengecer," ujar Kholis (33) selaku pemilik peternak Ikan Lele Desa Kedaton, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul ketika ditemui di rumahnya, pekan lalu.

Harga pakan lele sejak dua pekan terakhir sudah naik menjadi Rp 8 ribu dari harga semula Rp 7 ribu. Bahkan beredar informasi harga pakan lele bakal naik lagi sekitar Rp 500 sampai Rp 1000.
"Setiap tahun terus naik tidak pernah turun. Mulai dari Harga Rp 4 ribu sekarang sudah menjadi Rp 8 ribu. Parahnya setiap tahun sebanyak empat kali naik harganya.

Kholis mengatakan, kondisi tersebut membuat sejumlah peternak lele di Kecamatan Pleret dan sekitarnya tak mendapatkan untung. Padahal harga ikan lele jarang mengalami kenaikan meski permintaanya cukup banyak.

"Kalau kebutuhan ikan lele selalu meningkat. Sekarang saja pasar membutuhkan sekitar 20 ton. Namun kami kesulitan memenuhi kebutuhan pasar karena ikan yang tersedia minim," ujar Kholis.
Selain itu, menurut Kholis tingginya harga pakan ikan mempengaruhi jumlah peternak lele. Pada 2010 jumlah peternak lele di Kecamatan Pleret mencapai 100 orang. Tahun 2012 kemarin, jumlah peternak lele turun drastis. "Yang bertahan 4 peternak lele. Itu pun kondisinya kembang kempis, hidup segan mati pun tak mau," ujarnya.

Dari uraian saya di atas bisa saya simpulkan bahwa untuk mensiasati pakan ternak lele yang melambung tinggi, maka Kholis mencoba Formula baru yang di dapat dari temannya, yaitu menggunakan produk PT NASA (Viterna, POC NASA, Hormonik) di tambah TONK untuk di campurkan ke dalam pakan yang harganya sangat murah sendiri. Kini sudah mulai merasakan ada peningkatan yang drastis dari segi kentungan yang di dapat setelah di panen.

Dari setelah pakai formula NASA ini Kholis bisa ngirit dalam memberikan rangsum makan ikan lelenya dan dapat pula selisih harga pakan yang mahal, karena bisa mnggunakan pakan yang murah tetati tetap memberikan hasil yang sangat baik untuk lelenya tetap tumbuh dengan sehat dan dlm waktu 2 bulan hasil panennya setara dengan yang menggunakan pakan lele yang mahal.
Lebih jelas mengenai cara teknik budidaya dengan teknologi NASA ini bisa dibaca : http://stockistab491a.blogspot.com/2011/08/budidaya-lele.html

PENCARIAN TERBANYAK BLOG INI